Mengenal apa itu XSS



 Assalmmualaikum $ADMIN$ duhh dah lama gw gk update materi

Tapi tenang sekara ng update yaitu apa?? 

Ya croos site scripting (XSS) Kenapa gw kasih tentang Xss?

Banyak yang request gw materi ini dari pada ajarin satu per satu ribet :V 

Gasss

 Pada kesempatan kali ini  akan membahas dan menjelaskan tentang XSS


Apa itu XSS?

XSS ( Cross Site Scripting ) yaitu salah satu jenis serangan injeksi code (code injection attack). XSS dilakukan oleh penyerang dengan cara memasukkan kode HTML atau client script code lainnya ke suatu situs. Serangan ini akan seolah-olah datang dari situs tersebut. Akibat serangan ini antara lain penyerang dapat mem-bypass keamanan di sisi klien, mendapatkan informasi sensitif, atau menyimpan aplikasi berbahaya. Alasan kependekan yang digunakan XSS bukan CSS karena CSS sudah digunakan untuk cascade style sheet.


Tipe XSS dibagi menjadi 2

  • Reflected XSS atau nonpersistent
  •  Stored XSS atau persistent


  1. Reflected XSS 

Merupakan tipe XSS yang paling umum dan yang paling mudah dilakukan oleh penyerang. Penyerang menggunakan social engineering agar tautan dengan kode berbahaya ini diklik oleh pengguna. Dengan cara ini penyerang bisa mendapatkan cookie pengguna yang bisa digunakan selanjutnya untuk membajak session pengguna.
Mekanisme pertahanan menghadapi serangan ini adalah dengan melakukan validasi input sebelum menampilkan data apapun yang di-generate oleh pengguna. Jangan percayai apapun data yang dikirim oleh pengguna. Source : Wikipedia

2.Stored XSS

Stored XSS lebih jarang ditemui dan dampak serangannya lebih besar. Sebuah serangan stored XSS dapat berakibat pada seluruh pengguna. Stored XSS terjadi saat pengguna diizinkan untuk memasukkan data yang akan ditampilkan kembali. Contohnya adalah pada message board, buku tamu, dll. Penyerang memasukkan kode HTML atau client script code lainnya pada posting mereka.
Serangan ini lebih menakutkan. Mekanisme pertahanannya sama dengan reflected XSS: jika pengguna diizinkan untuk memasukkan data, lakukan validasi sebelum disimpan pada aplikasi. Source : Wikipedia

Berikut Payload untuk XSS

Klik Disini

Untuk lebih jelasnya tentang cara melakukan XSS

Video XSS

Dan sampai Sini dulu yaa mengenal apa itu xss 

Dan bsok kita akan praktek skill anda wkwkw :v

Wasalam $ADMIN$ pamit


SEKARTAVASCYBERTEAM

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal apa itu XSS"

Posting Komentar